Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Image: canva.com

Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Yang Wajib Ada Didalam Surat!

Dalam proses mencari kerja, Kamu akan diminta untuk mengumpulkan beberapa jenis dokumen penting. Salah satunya adalah surat lamaran kerja. Tentu saja surat lamaran kerja ini harus dibuat dengan sistematika yang benar agar peluang diterima semakin besar. Berikut adalah bagian bagian surat lamaran pekerjaan yang wajib ada:

1. Alamat Pengirim

Ada beberapa orang yang menyertakan bagian ini saat menulis surat lamaran kerja namun ada pula yang tidak. Jika memang ingin dituliskan maka alamat pengirim ini biasanya dicantumkan di bagian kanan atas surat.

2. Tempat dan Tanggal Penulisan

Bagian berikutnya adalah tempat dan tanggal penulisan surat. Bagian ini akan ditulis setelah alamat pengirim. Jaraknya dua sampai tiga baris agar terlihat rapi dan tidak terlalu berdempetan.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Daftar Lampiran Surat Lamaran Kerja Lengkap

3. Hal dan Lampiran

Selanjutnya ada hal dan lampiran yang akan menunjukkan tujuan pembuatan surat tersebut. Pada bagian hal, tuliskan saja surat lamaran kerja. Kemudian lampiran bisa dikosongi jika memang surat lamaran kerja tidak memiliki lampiran apapun.

4. Tujuan Penerima Surat

Bagian berikutnya adalah tujuan penerima surat lamaran kerja. Biasanya pada bagian ini diawali dengan kata Kepada kemudian dilanjutkan dengan Yth. Manajer HRD PT XX. Lalu tuliskan nama alamat lengkap perusahaan tempat Kamu melamar pekerjaan. Pastikan Kamu mencari alamat perusahaan secara lengkap.

5. Salam Pembuka

Langsung masuk saja ke salam pembuka. Salam pembuka ini sebaiknya dibuat universal atau tidak mengacu pada agama tertentu. Bisa digunakan salam pembuka ‘dengan hormat’ yang umum dituliskan pada jenis surat resmi seperti surat lamaran kerja.

Baca Juga:  Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja Secara Langsung Di Tujuan

6. Paragraf Pembuka

Bagian bagian surat lamaran pekerjaan ini memang bersifat sistematis dan harus dituliskan sesuai urutan. Setelah salam pembuka bisa diteruskan dengan paragraf pembuka. Di sini Kamu bisa menuliskan dari mana Kamu mendapat informasi lowongan kerja.

7. Isi Surat

Bagian satu ini merupakan inti dari surat lamaran kerja. Di bagian isi ini Kamu bisa menuliskan identitasmu secara lengkap. Setelah itu langsung saja Kamu tuliskan maksud untuk melamar pekerjaan di posisi yang Kamu inginkan. Pastikan bahasanya resmi dan ditulis secara runtut.

8. Paragraf Penutup

Setelah memastikan isi surat ditulis dengan baik maka Kamu bisa langsung membuat paragraf penutup. Pada bagian ini Kamu bisa menuliskan harapan agar bisa diterima dan bergabung dalam tim sesuai posisi yang Kamu lamar. Selain itu Kamu juga bisa mengucapkan terima kasih di bagian penutup ini.

Baca Juga:  Mau Kerja Di Pabrik? Ini Syarat Melamar Kerja Di Pabrik Yang Biasanya

9. Tanda Tangan

Berikutnya silakan bubuhkan tanda tangan setelah selesai menulis paragraf penutup. Pastikan tanda tanganmu terpampang jelas dan terlihat profesional.

10. Nama Lengkap

Setelah tanda tangan, akhiri surat lamaran kerjamu dengan nama lengkap. Nama lengkap ini bisa dituliskan di bawah tanda tangan.

Itulah tadi bagian bagian surat lamaran pekerjaan yang harus ada dan penting untuk Kamu ketahui. Pastikan Kamu mengikuti sistematika penulisan ini saat membuat surat lamaran pekerjaan. Gunakan bahasa yang formal dan pastikan Kamu memakai ejaan yang tepat.