Cara Buat Lamaran Kerja

Image: canva.com

Buat Yang Mau Apply Job, Pahami Cara Buat Lamaran Kerja Berikut Ini!

Mencari pekerjaan di zaman sekarang ini memang sangat menantang. Ada banyak pesaing dan peluang kerja juga begitu ketat. Agar Kamu bisa memiliki peluang lebih besar untuk diterima, maka Kamu harus melamar kerja dengan cara yang tepat. Berikut ini akan dibahas cara buat lamaran kerja yang bagus agar Kamu bisa segera diterima:

1. Pelajari Ketentuan dan Persyaratannya

Pertama, pelajari dulu syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kamu sebaiknya membaca dengan cermat persyaratan atau ketentuan pembuatan surat lamaran kerja dari perusahaan terkait. Nantinya Kamu bisa menyusun lamaran kerja berdasarkan syarat dan ketentuan tersebut.

2. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Pakailah bahasa yang baik dan benar dalam proses penulisan lamaran kerja. Ingat, surat lamaran kerja merupakan dokumen resmi jadi Kamu harus menulisnya dengan tata bahasa dan aturan penulisan yang benar.

Baca Juga:  Sudah Diterima Di Tempat Lain, Ini Cara Menolak Lamaran Kerja

3. Pakailah Bahasa yang Resmi dan Sopan

Selain memakai bahasa yang baik dan benar, Kamu juga harus memastikan bahasa yang digunakan resmi sekaligus sopan. Surat lamaran ini akan dibaca langsung oleh tim HRD perusahaan jadi harus menggunakan kalimat resmi yang terkesan sopan.

4. Jangan Bertele-tele

Hindari memakai kalimat yang bertele-tele saat melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis singkat, padat, namun juga jelas dan membuat informasi secara lengkap. HRD juga pasti malas jika harus membaca surat lamaran kerja yang terlalu panjang dan bertele-tele.

5. Gunakan Format yang Efektif

Pakailah format yang efektif. Format penulisan surat lamaran kerja bisa Anda temukan di internet. Coba dilihat dulu seperti apa format penulisan yang bagus sehingga lamaran kerja Anda punya value yang lebih.

Baca Juga:  Kamu Lagi Cari Pekerjaan? Ini Dia 10 Cara Melamar Pekerjaan

6. Pastikan Data Lengkap dan Benar

Cara buat lamaran kerja berikutnya adalah pastikan data yang masuk ke dalam surat tersebut sudah lengkap dan benar. Data ini biasanya terkait informasi pribadi yang akan dibutuhkan oleh perusahaan. Pastikan semua informasi tersebut ditulis dengan benar dan lengkap.

7. Cari Referensi

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, tak ada salahnya untuk mencari referensi terlebih dahulu. Carilah referensi sebanyak mungkin dari internet. Biasanya ada banyak tersebar contoh-contoh penulisan surat lamaran kerja yang baik.

8. Lakukan Proofreading

Jangan lupa selalu lakukan proofreading setelah selesai menulis surat lamaran kerja. Proofreading dilakukan untuk memastikan bahwa penulisan surat lamaran kerja sudah benar dan efektif. Tahap ini juga penting agar Kamu tahu mana bagian yang janggal dan perlu diperbaiki.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Daftar Lampiran Surat Lamaran Kerja Lengkap

9. Lampirkan Surat Pendukung

Sertakan surat atau dokumen pendukung lain bersama dengan surat lamaran kerja yang sudah Kamu tulis. Biasanya pihak perusahaan juga akan memberikan informasi apa saja dokumen yang harus dilampirkan.

10. Jangan Menyerah

Terakhir, jangan menyerah dalam melamar pekerjaan. Buatlah surat lamaran yang baik dan benar lalu kirimkan ke perusahaan impianmu. Cobalah lagi jika Kamu gagal dan jangan pernah menyerah.

Itulah tadi cara buat lamaran kerja agar Kamu bisa cepat diterima. Pasti ada perusahaan di luar sana yang bersedia untuk menerimamu sebagai karyawan. Jadi jangan malas mencoba!