Syarat Menjadi Akuntan

Image: canva.com

Agar Bisa Menekuni Profesi Ini, Penuhi Syarat Menjadi Akuntan Berikut!

Menekuni profesi akuntan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dicapai. Profesi ini sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu jenis profesi yang punya prestige tinggi. Agar Kamu bisa menekuni profesi ini, berikut adalah syarat menjadi akuntan yang perlu Kamu penuhi:

1. Tertarik pada Bidang Akuntansi

Syarat pertama untuk menjadi seorang akuntan tentu saja memiliki ketertarikan di bidang akuntansi. Ini menjadi syarat penting yang sebenarnya tidak hanya untuk akuntan tapi juga untuk profesi lain. Kamu harus punya ketertarikan di bidang yang akan ditekuni.

2. Menempuh Pendidikan Sarjana

Agar bisa menjadi akuntan, Kamu perlu lulus sarjana dulu. Jurusan yang ditempuh tentu saja adalah jurusan akuntansi. Namun saat ini tidak semua akuntan diwajibkan lulus sarjana akuntansi, bisa juga dari jurusan ilmu lain yang relevan.

Baca Juga:  Kalau Mau Jadi Akuntan, Kamu Perlu Tau 10 Tugas Akuntan Berikut Ini!

3. Lulus Sertifikasi CA Indonesia

Jika Kamu ingin menjadi akuntan maka Kamu harus lulus sertifikasi CA Indonesia. CA adalah kependekan dari Chartered Accountant. Sertifikat CA nantinya akan diberikan kepada orang yang telah memenuhi kualifikasi untuk bekerja sebagai akuntan profesional.

4. Punya Ketelitian yang Tinggi

Syarat menjadi akuntan berikutnya adalah harus memiliki ketelitian yang tinggi. Pekerjaan akuntansi ini sangat membutuhkan ketelitian. Secara otomatis, Kamu harus teliti sehingga bisa menyelesaikan tugas akuntan dengan baik.

5. Memiliki Integritas

Kamu juga harus memiliki integritas yang tinggi jika ingin bekerja sebagai akuntan. Akuntan membutuhkan integritas yang kuat agar bisa dipercaya oleh perusahaan atau instansi terkait yang menggunakan jasanya.

Baca Juga:  Jadi Akuntan? Kamu Bisa Pilih Salah Satu Dari Jenis Jenis Akuntan Ini

6. Mampu Melakukan Analisis

Sebagai akuntan, Kamu harus bisa melakukan analisis secara akurat. Nantinya akuntan tidak hanya menyusun laporan keuangan tetapi juga melakukan analisis terhadap laporan tersebut.

7. Jujur dan Bertanggung Jawab

Syarat lainnya yang perlu dipenuhi jika Kamu ingin bekerja sebagai akuntan adalah harus punya sikap jujur dan rasa tanggung jawab. Kejujuran dan tanggung jawab ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang akuntan karena pekerjaannya berhubungan erat dengan laporan finansial.

8. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Calon akuntan juga harus memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan. Akuntan memiliki tugas berat dalam menyusun laporan dan mempersiapkan penyelesaian pajak. Jadi memang harus siap dengan deadline dan tekanan yang padat dari perusahaan maupun klien.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Akuntan

9. Memiliki Kemampuan Berhitung yang Baik

Akuntan harus punya kemampuan berhitung yang baik. Hal ini jelas karena tugas akuntan berhubungan erat dengan perhitungan dan keuangan. Jadi akuntan harus teliti dan mampu berhitung dengan cermat.

10. Bisa Berpikir Logis

Tak hanya punya kemampuan berhitung, seorang akuntan juga harus punya kemampuan untuk berpikir secara logis. Kemampuan ini dibutuhkan agar akuntan juga bisa melakukan analisis serta evaluasi anggaran atau finansial sebuah perusahaan.

Itulah tadi syarat menjadi akuntan yang penting untuk Kamu ketahui. Jika Kamu memang ingin menekuni profesi ini maka penuhilah syarat-syarat tersebut. Persiapkan diri sebaik mungkin agar Kamu bisa jadi akuntan yang andal dan profesional.