Apa Itu Akuntan

Image: canva.com

Apa Itu Akuntan? Berikut 10 Hal Tentang Akuntan yang Perlu Kamu Tau!

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang profesi akuntan. Jenis profesi ini jadi impian banyak orang karena memang memiliki prestige dan peluang besar. Tapi apa itu akuntan? Kali ini akan dibahas 10 hal tentang akuntan yang akan membantu Kamu lebih paham tentang profesi tersebut.

1. Tugas Akuntan

Akuntan merupakan orang yang bertugas menyusun laporan finansial atau keuangan baik untuk lembaga, instansi, maupun perusahaan. Akuntan akan melakukan perhitungan, pengawasan, juga evaluasi laporan keuangan yang telah disusun tadi.

2. Pendidikan

Seseorang bisa bekerja sebagai akuntan setelah menyelesaikan program sarjana di jurusan akuntansi. Setelah itu, calon akuntan juga harus menempuh Program Pendidikan Profesi akuntansi atau PPAk.

3. Keahlian yang Dimiliki

Baca Juga:  Agar Bisa Menekuni Profesi Ini, Penuhi Syarat Menjadi Akuntan Berikut!

Akuntan harus memiliki beberapa jenis keahlian agar bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Keahlian yang dimiliki di antaranya adalah akuntansi biaya, pengauditan, sistem akuntansi, akuntansi keuangan, perpajakan, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Terdiri dari Banyak Jenis

Profesi akuntan itu sendiri ternyata terdiri dari beragam jenis. Ada profesi akuntan publik, akuntan internal, akuntan pendidik, juga akuntan pemerintah. Setiap jenis profesi akuntan ini punya tugas dan lingkup kerja yang berbeda-beda.

5. Bisa Bekerja Mandiri

Akuntan tidak harus bekerja di perusahaan. Seorang akuntan bisa bekerja sendiri dengan membuat kantor mandiri. Ini dilakukan oleh akuntan publik yang bersifat independen dan sudah punya izin resmi untuk membuka kantor secara mandiri.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Akuntan

6. Memiliki Kode Etik

Apa itu akuntan dan tugas-tugas serta aturan kerjanya sudah diatur oleh kode etik. Jika Kamu ingin bekerja sebagai akuntan maka penting sekali untuk memahami kode etik tersebut. Kode etik ini akan menjadi acuan bagi semua akuntan dalam memberikan pelayanan kepada perusahaan maupun publik.

7. Harus Teliti

Seorang akuntan harus memiliki sikap ketelitian. Tugas-tugas yang dikerjakan oleh akuntan memerlukan ketelitian yang tinggi. Jika tidak teliti maka akan sulit untuk menyusun laporan finansial yang akurat serta mengevaluasinya.

8. Mengerjakan Tugas Rahasia

Perlu diketahui bahwa tugas yang dikerjakan oleh seorang akuntan itu bersifat rahasia. Laporan keuangan perusahaan dan urusan perpajakan menjadi hal yang sangat rahasia. Jadi, seorang akuntan harus bisa menjaga rahasia tersebut dan memastikannya aman.

Baca Juga:  Kalau Mau Jadi Akuntan, Kamu Perlu Tau 10 Tugas Akuntan Berikut Ini!

9. Butuh Integritas Tinggi

Akuntan harus memiliki integritas yang tinggi. Dalam menjalankan tugasnya, akuntan harus bisa membangun rasa kepercayaan klien atau perusahaan tempat dirinya bekerja.

10. Mengutamakan Kepentingan Publik

Profesi ini tidak bisa egois mengurus kepentingan diri sendiri. Akuntan harus mengutamakan kepentingan publik lebih dari kepentingan milik pribadi. Artinya tugas-tugas yang dikerjakan harus demi kepentingan klien, perusahaan, maupun masyarakat.

Itulah tadi 10 hal yang bisa membuat Kamu jadi lebih paham tentang apa itu akuntan. Profesi ini mungkin bisa jadi salah satu profesi impianmu di masa depan. Pastikan Kamu memang paham betul apa tugas dan tanggung jawabnya sebelum menekuni profesi ini.