Tugas Akuntan

Image: canva.com

Kalau Mau Jadi Akuntan, Kamu Perlu Tau 10 Tugas Akuntan Berikut Ini!

Peran akuntan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Jenis profesi ini juga bisa bekerja secara mandiri menyediakan jasa akuntan untuk klien perseorangan. Lalu, apa saja yang menjadi tugas pokok seorang akuntan? Berikut ini adalah tugas akuntan yang perlu Kamu ketahui untuk dijadikan sebagai referensi:

1. Mengerjakan Administrasi Umum

Sebelum secara spesifik mengerjakan tugas-tugas akuntansi, seorang akuntan biasanya akan diminta mengerjakan berbagai jenis kebutuhan administrasi umum. Contoh administrasi umum diantaranya membuat arsip, menyusun database digital, membuat laporan, menyusun spreadsheet keuangan, dan lain-lain.

2. Menyusun Laporan Keuangan

Tugas paling penting yang dikerjakan oleh seorang akuntan adalah menyusun laporan keuangan. Laporan berisikan catatan uang keluar dan masuk di perusahaan. Nantinya laporan ini akan menjadi acuan bagi pihak perusahaan atau bisa juga bagi pihak eksternal.

Baca Juga:  Agar Bisa Menekuni Profesi Ini, Penuhi Syarat Menjadi Akuntan Berikut!

3. Membuat Persiapan Pajak

Akuntan juga bertugas membuat persiapan pajak di sebuah perusahaan. Pajak merupakan salah satu urusan wajib yang menjadi tanggung jawab perusahaan. Akuntan akan menyusun data dan persiapan pembayaran pajak.

4. Mengatur Pembayaran Pajak

Setelah persiapan selesai maka akuntan bertanggung jawab dalam mengatur pembayaran pajak. Pengelola perusahaan akan menyelesaikan urusan pajak ini bersama akuntan sehingga pajak bisa terselesaikan dengan tepat dan akurat.

5. Melakukan Audit Finansial

Tugas akuntan berikutnya adalah melakukan audit finansial. Audit finansial ini sangatlah penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Bukan hanya menyusun laporan, namun akuntan juga akan melakukan audit finansial lewat laporan tersebut.

Baca Juga:  Jadi Akuntan? Kamu Bisa Pilih Salah Satu Dari Jenis Jenis Akuntan Ini

6. Mengontrol Finansial

Proses audit finansial yang dilakukan oleh akuntan juga bertujuan untuk mengontrol atau mengendalikan finansial sebuah perusahaan. Dengan adanya peran akuntan maka akan jauh lebih mudah bagi perusahaan untuk mengendalikan cash flow internal.

7. Mengatasi Masalah Keuangan

Bukan tidak mungkin sebuah perusahaan akan menghadapi masalah keuangan. Akuntan menjadi pihak yang akan mengambil peran dalam mengatasi masalah tersebut. Jika saat dilakukan audit ternyata ada masalah keuangan maka akuntan akan mengidentifikasi dan mencari solusinya.

8. Menyelidiki Adanya Kecurangan

Akuntan juga akan menyelidiki adanya tindak kecurangan dalam sebuah perusahaan. Berdasarkan laporan finansial yang telah dibuat tadi, akuntan bisa menemukan jika ada kecurangan dan nantinya bisa diatasi sampai tuntas.

Baca Juga:  Apa Itu Akuntan? Berikut 10 Hal Tentang Akuntan yang Perlu Kamu Tau!

9. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Penyusunan laporan dan audit finansial akan membantu akuntan untuk mengambil keputusan atau saran yang bisa menguntungkan perusahaan. Masukkan dari akuntan bisa jadi pedoman bagi perusahaan dalam meningkatkan keuntungan pribadi mereka.

10. Melakukan Evaluasi Anggaran

Akuntan juga akan melakukan evaluasi anggaran sesuai dengan laporan finansial yang sudah disusun. Nantinya bisa diketahui apakah anggaran perusahaan sudah efektif atau belum dan bisa dilakukan revisi jika ternyata anggaran belum bekerja secara efektif dan efisien.

Itulah tadi tugas akuntan yang penting untuk Kamu pahami. Jika profesi ini merupakan salah satu profesi impianmu, maka Kamu harus paham betul apa tugas yang akan dijalankan. Kamu juga harus mengambil program pendidikan yang tepat agar bisa menekuni profesi ini.