Syarat Menjadi Dosen

Image: canva.com

10 Syarat Menjadi Dosen Yang Perlu Kamu Persiapkan

Dosen menjadi salah satu pilihan profesi mulia yang bisa Kamu jadikan pilihan di masa depan. Profesi ini bisa menjadi sumber pahala sekaligus membuat Kamu lebih banyak belajar. Berikut akan dibahas 10 syarat menjadi dosen yang penting untuk Kamu persiapkan sejak dini.

1. Lulus Master

Jelas sekali bahwa syarat pertama yang harus dipenuhi berasal dari sisi akademis. Kamu harus sudah lulus dari jenjang S2 dan mendapat gelar master. Jika sudah berhasil lulus, maka Kamu bisa segera mencari kesempatan mendaftar sebagai dosen.

2. Lulus Seleksi Dosen

Kamu bisa jadi dosen jika berhasil lulus seleksi. Setelah melakukan pendaftaran, biasanya akan digelar ujian untuk menentukan kelayakanmu diterima. Pastikan Kamu mengerjakan ujian sebaik mungkin agar bisa lolos diterima di universitas tujuanmu.

Baca Juga:  Jika Kamu Akan Kuliah, Ini Dia 10 Peran Dosen Bagi Mahasiswa

3. Terampil Bahasa Inggris

Dosen juga harus punya keterampilan berbahasa Inggris. Banyak sekali jurnal penelitian dan artikel akademis yang berbahasa Inggris. Ini sebenarnya kemampuan dasar yang harus dimiliki dosen dan dibuktikan dengan skor minimal TOEFL atau IELTS.

4. Sehat Jasmani Dan Rohani

Syarat menjadi dosen berikutnya adalah sehat baik secara jasmani maupun rohani. Seorang dosen harus memiliki fisik serta mental yang sehat. Ini menjadi modal awal untuk bekerja sebagai dosen profesional.

5. Berkelakuan Baik

Jika ingin menjadi dosen maka penting sekali untuk menerapkan kebiasaan berperilaku baik. Dosen akan menjadi contoh bagi mahasiswa sehingga cara berperilaku akan disorot. Pastikan bahwa Kamu memiliki catatan perilaku yang baik.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Dosen Yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Referensi

6. Pandai Berkomunikasi

Salah satu syarat yang wajib untuk Kamu penuhi jika ingin bekerja sebagai dosen adalah pandai berkomunikasi. Kamu harus punya keterampilan komunikasi dan bicara di depan umum jika ingin menjadi dosen andal.

7. Mau Terus Belajar

Seorang dosen harus selalu punya kemauan untuk terus belajar. Kamu harus selalu memperbarui pengetahuan yang Kamu dapat. Sebagai dosen bukan berarti Kamu berhenti belajar, justru Kamu akan punya peluang besar untuk terus menggali pengetahuan.

8. Mau Belajar Teknologi

Dosen tidak hanya wajib belajar teori tapi juga harus punya kemauan mempelajari teknologi. Dosen harus bersedia untuk menggunakan teknologi di tengah aktivitas mengajar yang ia lakukan agar lebih mudah dan efektif.

Baca Juga:  Pingin Jadi Dosen? Berikut Ini Syarat Dosen Tetap Yayasan

9. Berpikiran Terbuka

Salah satu syarat sikap yang harus dimiliki oleh dosen adalah pikiran yang terbuka. Dosen harus punya pemikiran terbuka dan fleksibel sehingga mudah untuk menyesuaikan diri. Apalagi dosen harus berhadapan dengan banyak mahasiswa yang pendapat dan isi pikirannya berbeda.

10. Rajin

Kamu juga harus rajin jika ingin bekerja menjadi dosen. Dosen bisa dikatakan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat membutuhkan sikap rajin. Jika tidak rajin, Kamu pasti akan kesulitan mengurusi semua kewajiban di kampus sebagai dosen.

Itulah 10 syarat menjadi dosen yang penting untuk Kamu pahami. Pastikan Kamu telah memenuhi semua syarat sehingga layak menjadi dosen profesional. Jika Kamu memang termotivasi bekerja sebagai dosen, maka penuhilah semua syarat ini sedini mungkin.