Cara Menjadi Dosen

Image: canva.com

10 Cara Menjadi Dosen Yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Referensi

Dosen bisa jadi pilihan profesi tepat bagi Kamu yang punya passion mengajar. Sebagai dosen, Kamu akan bekerja di universitas dan mengajar mahasiswa di jurusan tertentu. Berikut akan dibahas cara menjadi dosen yang mungkin bisa memberi sedikit gambaran untukmu.

1. Punya Niat

Pertama, Kamu harus punya niat. Segala jenis profesi tidak bisa Kamu tekuni jika tidak ada niat. Apalagi dibutuhkan usaha keras dan perjalanan yang tidak mudah untuk bisa bekerja sebagai dosen. Jadi, pastikan Kamu sudah punya niat yang kuat.

2. Kuliah Master

Supaya bisa menjadi dosen, Kamu harus berkuliah master setelah lulus sarjana. Jika ingin bekerja sebagai dosen, minimal Kamu harus punya gelar master. Pilih jurusan yang linear sehingga Kamu bisa melamar sebagai dosen setelah lulus.

Baca Juga:  Mau Jadi Dosen Psikologi? Berikut Cara Menjadi Dosen Psikologi

3. Cari Beasiswa Ke Luar Negeri

Temukan beragam jenis program beasiswa kuliah S2 ke luar negeri dan cobalah mendaftar. Jika Kamu bisa lolos dan kuliah di luar negeri maka peluang jadi dosen akan terbuka lebar.

4. Ikut Penelitian

Selama kuliah, baik sejak program S1 maupun S2 sebaiknya Kamu bergabung dengan proyek penelitian. Bergabung dengan tim penelitian akan meningkatkan resume-mu. Jika resume milikmu berkualitas maka akan lebih mudah untuk meraih profesi dosen.

5. Raih Prestasi

Salah satu cara menjadi dosen adalah dengan menggapai prestasi setinggi mungkin. Seorang dosen harus bisa menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa salah satunya dengan menjadi sosok yang berprestasi. Catatan prestasimu juga akan meningkatkan kualitas resume dan membuka peluang besar untuk menjadi dosen.

Baca Juga:  Mau Tau Apa Itu Dosen? Berikut 10 Hal Penting Tentang Dosen

6. Jadi Asisten Dosen

Saat kuliah S1, Kamu bisa mendaftar untuk menempati posisi asisten dosen. Sebagai asisten dosen Kamu jadi punya kesempatan untuk berlatih cara mengajar di depan mahasiswa. Ini juga bisa menjadi peluang bagimu untuk menjalin koneksi erat dengan para dosen.

7. Latihan Mengajar

Sebisa mungkin berlatihlah cara mengajar yang baik dan benar. Cobalah untuk langsung praktik mengajar di depan banyak orang. Selain mencoba jadi asisten dosen, Kamu juga bisa belajar mengajar dengan menjadi guru les.

8. Rajin Cari Informasi

Pastikan Kamu selalu rajin mencari informasi mengenai ketersediaan lowongan kerja dosen. Carilah informasi dari berbagai sumber hingga menemukan informasi yang tepat. Jika tak rajin cari informasi maka Kamu bisa ketinggalan berita dan melewatkan kesempatan.

Baca Juga:  10 Keuntungan Menjadi Dosen Yang Akan Kamu Dapatkan Nih

9. Melamar Loker Dosen

Jika sudah menemukan lowongan dan penawaran yang tepat, maka langsung saja lamar atau daftarkan dirimu. Kamu bisa langsung mendaftar dan mengumpulkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

10. Ikut Ujian Seleksi

Biasanya universitas akan mengadakan ujian khusus untuk menyeleksi orang-orang yang sudah mendaftar. Dari proses ujian ini kemudian akan ditemukan calon-calon dosen yang berbakat dan berdedikasi tinggi.

Itulah tadi cara menjadi dosen yang harus Kamu perhatikan. Bekerja sebagai dosen akan memberikanmu pengalaman yang berbeda. Jika Kamu tertarik bekerja sebagai dosen, maka cari tahu fokus ilmu yang ingin Kamu dalami sebelum menentukan pilihan ke universitas.