Alasan Menjadi Dosen

Image: canva.com

10 Alasan Menjadi Dosen Adalah Pilihan Yang Tepat

Memilih profesi yang tepat akan sangat berpengaruh pada masa depanmu. Salah satu pilihan profesi terbaik yang bisa Kamu pilih adalah dosen. Berikut akan dibahas alasan menjadi dosen yang bisa memotivasimu.

1. Bisa Menambah Wawasan

Menjadi dosen akan membuat Kamu selalu bertambah wawasan. Sebagai dosen Kamu akan selalu diminta untuk terus belajar sehingga pengetahuanmu selalu bertambah. Ini bisa jadi investasi yang menguntungkan di masa depan.

2. Berpeluang Lanjut Kuliah

Dengan memilih profesi dosen, peluangmu untuk lanjut kuliah doktor akan semakin terbuka. Bahkan Kamu bisa dengan mudah dapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Ini tentu menjadi keuntungan yang sangat besar dan tak boleh Kamu lewatkan.

Baca Juga:  Berikut Ini Beberapa Persyaratan Menjadi Dosen Menurut Dikti

3. Profesi Yang Mulia

Dosen adalah sebuah pilihan profesi yang sangat mulia. Apa yang Kamu lakukan tidak hanya menguntungkan dirimu tapi juga mendatangkan manfaat bagi banyak orang. Kamu berbagi ilmu dan bisa membantu orang lain meraih cita-citanya.

4. Bisa Bertemu Banyak Orang

Salah satu keuntungan bekerja sebagai dosen adalah Kamu bisa bertemu dengan banyak orang. Kamu punya lebih banyak teman dari sesama dosen, staf, juga kalangan mahasiswa. Koneksimu semakin luas dan ini akan menjadi keuntungan tersendiri nantinya.

5. Jadi Awet Muda

Sebagai dosen, Kamu akan bergaul dengan orang-orang yang usianya jauh lebih muda daripada Kamu. Ini akan membuat Kamu jadi lebih awet muda. Jiwa mudamu bisa terus terpelihara karena bergaul dengan mahasiswa.

Baca Juga:  Pelajari 10 Tugas Dosen terbilang Lebih Kompleks Berikut Ini

6. Kesempatan Traveling Gratis

Salah satu alasan menjadi dosen adalah karena Kamu bisa punya kesempatan untuk traveling gratis. Kamu biasanya akan diminta mengikuti pelatihan atau seminar di luar kota. Bahkan Kamu juga bisa berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya yang ditanggung universitas.

7. Sumber Pahala

Bekerja sebagai dosen akan memberimu banyak pahala. Pekerjaan ini merupakan sumber pahala yang bisa dijadikan tabungan setelah meninggal. Jasamu akan selalu dikenang karena Kamu telah membagikan ilmu kepada banyak orang.

8. Bisa Ikut Penelitian

Kamu juga punya peluang besar untuk ikut beragam proyek penelitian setelah bekerja menjadi dosen. Bergabung dengan penelitian dan membuat karya ilmiah bisa membuat kualitas resume meningkat. Selain itu, Kamu juga bisa dapat keuntungan berupa uang.

Baca Juga:  Berikut Ini Dia Cara Melamar Jadi Dosen Di Universitas Swasta

9. Dapat Gaji Besar

Sebagai dosen Kamu punya kesempatan dapat gaji besar. Rata-rata gaji dosen berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00 belum lagi tunjangan lainnya. Jumlah ini bisa terus bertambah seiring prestasi dan karya-karya yang Kamu hasilkan.

10. Waktu Fleksibel

Dosen memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel. Jika dilihat-lihat, waktu kerja dosen justru lebih singkat dari jenis profesi lainnya. Sebagai dosen Kamu tidak harus bekerja dari pagi sampai malam karena mengajar mengikuti jam kuliah.

Itulah alasan menjadi dosen yang penting untuk dijadikan referensi. Ternyata profesi dosen terlihat begitu menyenangkan, bukan? Semoga informasi ini bisa menjadi motivasi bagimu untuk bekerja sebagai dosen.