Tips Menjadi Dosen

Image: canva.com

10 Tips Menjadi Dosen Yang Ideal Untuk Pemula Atau Dosen Muda

Dosen merupakan profesi prestisius di bidang akademik yang menawarkan pengalaman, jenjang karir dan gaji yang menarik. Saat menjadi CPNS dosen, Kamu akan langsung mendapatkan gaji pokok dosen sebanyak 80 persen dan menerima penuh 100 persen setelah pengangkatan resmi. Bisa pula memilih karir sebagai dosen tidak tetap, honorer atau dosen luar biasa yang punya jam kerja fleksibel. Pastikan Kamu tahu tips menjadi dosen yang ideal untuk pemula lebih dulu, ya!

Supaya Kamu bisa menjadi dosen ideal dalam mengajar mata kuliah di kelas, sebaiknya simak tips menjadi dosen untuk pemula berikut :

1. Menguatkan niat dan semangat

Dosen adalah cita-cita Kamu sehingga perlu menguatkan niat dengan sungguh-sungguh. Kamu siap mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk mengajar dan mengarahkan mahasiswa selama proses pembelajaran di kampus.

2. Menyelesaikan jenjang pendidikan minimal S2

Dewasa ini, dosen wajib memiliki pendidikan minimal S2 dengan mengambil peminatan yang paling relevan dengan passion.

3. Punya gaya mengajar yang mampu menstimulasi mahasiswa

Dosen wajib punya gaya mengajar yang bisa menstimulasi mahasiswa dalam belajar, tidak membosankan dan menarik.

4. Meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik

Public speaking sangat penting sehingga dosen pemula wajib melatih dan meningkatkan kemampuan tersebut.

5. Memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas

Tidak terbatas pada materi yang diajarkan, dosen dituntut punya wawasan dan pengetahuan yang lebih luas agar bisa menjadi role model bagi mahasiswa.

6. Mampu memanfaatkan waktu perkuliahan dengan efektif

Baca Juga:  Pingin Jadi Dosen? Berikut Ini Syarat Dosen Tetap Yayasan

Kegiatan perkuliahan yang efektif dan efisien dengan metode pembelajaran memakai alat bantu, rangkuman materi yang mudah diingat dan kegiatan belajar lainnya.

7. Punya pemikiran yang positif

Dosen yang punya pemikiran lebih positif, antusias dan mau membantu mahasiswa mengembangkan diri akan menjadi dosen ideal di mata mahasiswa.

8. Peduli

Dosen ideal wajib punya sikap peduli pada mahasiswa selama kegiatan belajar mengajar, menjadi sosok yang dekat dan inspiratif sehingga nasehat dan motivasi bisa mendorong mahasiswa untuk berprestasi.

9. Gaya tidak monoton

Dosen yang kreatif, terbuka dan fleksibel dianggap dosen ideal sebab tidak monoton seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi kekinian.

10. Memberikan standar penilaian yang jelas

Baca Juga:  Berikut Defisini Atau Perngertian Pengertian Dari Dosen Adalah ...

Menjadi dosen pemula yang ideal harus memberikan standar penilaian yang objektif atau bisa melakukan kesepakatan dengan mahasiswa sejak awal pertemuan, misalnya nilai dilihat dari absensi atau kehadiran di kelas, keaktifan di kelas, pelaksanaan tugas, dan hasil ujian.

Tips menjadi dosen yang ideal bagi pemula yang baru diterima atau lolos CPNS dosen bisa menjadi tambahan referensi Kamu. Bila Kamu bercita-cita menjadi dosen profesional, tidak ada salahnya meningkatkan prestasi akademik mulai sekarang. Siapa tahu Kamu bisa lolos menjadi asisten dosen yang bisa meningkatkan kemampuan dan pengalaman Kamu kelak.