Apa Itu Dosen

Image: canva.com

Mau Tau Apa Itu Dosen? Berikut 10 Hal Penting Tentang Dosen

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan profesi dosen. Jenis pekerjaan ini bahkan menjadi idaman banyak orang karena memang punya prestise yang tinggi dan prospeknya menjanjikan. Tapi sebenarnya apa itu dosen? Yuk kenali lebih jauh tentang profesi dosen di sini!

1. Pengajar di Jenjang Universitas

Dosen merupakan tenaga pengajar yang bekerja di jenjang universitas. Perannya sama seperti pengajar lain atau guru yaitu menyampaikan ilmu kepada murid. Namun dosen memiliki lingkup kerja yang lebih tinggi yaitu di universitas.

2. Harus Selalu Belajar

Sama halnya dengan tenaga pengajar yang lain, dosen harus selalu belajar. Setiap harinya, dosen harus terus memperbarui ilmu yang sudah dimiliki agar bisa menyampaikan kepada mahasiswa dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:  10 Alasan Menjadi Dosen Adalah Pilihan Yang Tepat

3. Butuh Kemampuan Komunikasi

Dosen membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik agar bisa mengajar dengan efektif. Jadi tidak hanya modal teori ilmu, dosen juga harus punya modal keterampilan komunikasi yang memadai.

4. Perlu Aktif Penelitian

Jika Kamu ingin menjadi dosen, maka bersiaplah untuk terus aktif mengikuti berbagai jenis penelitian. Biasanya dosen akan dituntut untuk melakukan penelitian yang sesuai dengan bidangnya demi meningkatkan kompetensi.

5. Harus Rajin

Profesi ini memang sebaiknya ditekuni oleh orang yang rajin. Seorang dosen harus bisa memiliki sifat rajin karena akan menjadi contoh bagi para mahasiswa. Tidak hanya itu dosen juga punya banyak pekerjaan jadi harus rajin menggelutinya.

Baca Juga:  Jika Kamu Akan Kuliah, Ini Dia 10 Peran Dosen Bagi Mahasiswa

6. Punya Jam Kerja yang Padat

Saat mencari tahu apa itu dosen, mungkin banyak orang yang menyebutnya mirip seorang guru. Namun jika dibandingkan ada banyak perbedaan di antara keduanya. Salah satunya adalah jadwal kerja dimana dosen punya jadwal kerja yang jauh lebih padat.

7. Sering Berpergian

Dosen juga biasanya sering bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri. Keperluannya bervariasi, ada yang pergi untuk mengikuti konferensi dan ada juga yang pergi untuk belajar lagi.

8. Harus Update Teknologi

Tidak hanya memperbarui ilmu yang ditekuni, dosen juga harus terus update teknologi. Tujuannya adalah demi memastikan kelancaran proses belajar mengajar karena sekarang ini proses tersebut membutuhkan dukungan teknologi.

9. Butuh Kreativitas

Baca Juga:  Pekerjaan Dosen Ngapain Aja Sih? Berikut 10 Penjelasannya

Dosen dituntut untuk selalu kreatif. Kreativitas ini berkaitan dengan teknik belajar yang digunakan saat di kelas. Jika Kamu ingin menjadi dosen, Kamu harus selalu berpikir kreatif agar proses belajar mengajar berjalan optimal dan tidak membosankan.

10. Selalu Tampil Rapi

Kamu bisa melihat para dosen yang bekerja di kampus-kampus. Mereka sudah pasti akan mengenakan pakaian yang rapi. Dosen memang identik dengan penampilan yang bersih dan rapi karena akan berhadapan dengan para mahasiswa setiap hari.

Setelah mengenali apa itu dosen, Kamu mungkin akan semakin tertarik untuk menggeluti pekerjaan tersebut. Profesi ini memang sangat menjanjikan dan peluang gajinya juga cukup besar. Namun Kamu harus benar-benar berusaha sebaik mungkin agar bisa meraih cita-cita tersebut.