Pekerjaan Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Image: canva.com

10 Pilihan Pekerjaan Untuk Lulusan SMK Akuntansi Setelah Lulus

Akuntansi merupakan jurusan yang memiliki passing grade tinggi di SMK sehingga persaingan masuk jurusan ini cukup ketat. Tentu ada banyak alasan memilih jurusan Akuntansi, misalnya Kamu suka materi hitungan, punya kemampuan Matematika yang bagus dan prospek kerja yang cerah. Pekerjaan untuk lulusan SMK Akuntansi sangat beragam yang berkaitan dengan pencatatan keuangan perusahaan.

Tentu memilih jurusan Akuntansi memiliki pertimbangan jenjang karir yang mapan. Semua perusahaan atau industri membutuhkan pencatatan dan pengelolaan keuangan yang bagus. Berikut rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMK Akuntansi yang memiliki gaji menarik yaitu :

1. Kasir

Rata-rata lulusan SMK Akuntansi akan lebih diprioritaskan bekerja menjadi kasir dibandingkan lulusan SMA biasa sebab tahu cara mengelola setoran transaksi di pertokoan, swalayan atau kedai makan/minum.

2. Staf administrasi

Setiap usaha membutuhkan staf administrasi, bahkan usaha kecil dan menengah yang tengah berkembang. Kamu bisa menjadi staf administrasi yang mengurus pencatatan keuangan internal perusahaan.

3. Staf keuangan

Menjadi bagian staf keuangan di perusahaan agar pencatatan pemasukan dan pengeluaran berjalan lancar bisa menjadi karir yang cemerlang. Laporan keuangan berkala menjadi tugas utama staf keuangan baik untuk kepentingan perusahaan atau kepentingan pihak lain yang bersangkutan.

4. Teller

Lulusan SMK Akuntansi juga bisa menjadi teller di perbankan yang mengelola administrasi setoran dan laporan transaksi keuangan.

5. Staf audit

Kamu wajib mengawasi dan melakukan pengecekan berkala pada keuangan perusahaan agar keuangan tetap stabil alias tidak menyimpang dari alokasi anggaran yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Pekerjaan Lulusan SMK TKJ Bisa Jadi Pilihan

6. Analis kredit

Kamu punya peluang karir bekerja di perbankan atau lembaga keuangan lain sebagai analis kredit. Tugas Kamu adalah menganalisa bagaimana keuangan sebuah perusahaan atau perseorangan sebelum menyetujui pengajuan kredit mereka.

7. Perencana keuangan

Kamu bisa bekerja menjadi konsultan atau perencana keuangan dengan memberikan saran pengelolaan keuangan lebih optimal agar tujuan keuangan bisa tercapai. Kamu bisa bekerja di perusahaan atau memilih karir sebagai perencana keuangan independen.

8. Wirausaha

Kamu juga bisa menjadi wirausaha mandiri dengan memanfaakan pengelolaan keuangan yang baik. Kamu bisa merencanakan, mengelola dan membuat laporan keuangan berkala secara mandiri. Nantinya Kamu bisa memutuskan bagaimana membuat kebijakan keuangan untuk perkembangan usaha.

Baca Juga:  Lulus SMK? Berikut Pekerjaan Yang Gajinya Besar Lulusan SMK

9. Analis anggaran

Atau dikenal dengan nama budgeting staff, Kamu bisa bekerja menganalisa dan merencanakan pengeluaran perusahaan yang tepat.

10. Staf perpajakan

SMK Akuntansi bisa menjadi staf perpajakan sebab mendapatkan materi tentang perpajakan, apalagi Kamu mau melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi jurusan Perpajakan atau brevet pajak.

Dari beberapa pekerjaan untuk lulusan SMK Akuntansi di atas, Kamu bisa mempertimbangkan masuk jurusan ini. Gaji pekerjaan Akuntansi bisa mencapai jutaan rupiah per bulan atau Kamu bisa mendapatkan gaji diatas UMR sesuai dengan kebijakan perusahaan.