Pekerjaan Lulusan SMK TKJ

Image: canva.com

Rekomendasi 10 Pekerjaan Lulusan SMK TKJ Bisa Jadi Pilihan

TKJ atau Teknik Komputer Jaringan merupakan jurusan SMK yang diminati sebab perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Kamu yang memiliki kemampuan Matematika bagus sebab Kamu akan belajar algoritma dan pemrograman komputer. Bila Kamu masih ragu, tidak ada salahnya mengetahui referensi pekerjaan lulusan SMK TKJ yang menawarkan gaji besar.

Rekomendasi pekerjaan lulusan SMK TKJ menawarkan peluang yang sangat tinggi seiring kebutuhan tenaga yang ahli komputer di era digitalisasi berikut :

1. Teknisi komputer

Kamu bisa bekerja menjadi teknisi komputer yang bertugas merakit, melakukan instal program komputer dan pemeliharaan komputer perusahaan.

2. Teknisi jaringan

Ada pula pilihan karir bagi lulusan SMK TKJ untuk menjadi teknisi jaringan komputer di perusahaan. Kamu bekerja membangun jaringan LAN, WAN, WiFi, dan instalasi jaringan lain yang digunakan di perusahaan.

Baca Juga:  10 Pilihan Pekerjaan Untuk Lulusan SMK Akuntansi Setelah Lulus

3. Sistem administrator

Kamu bisa bekerja di perusahaan untuk mengontrol, mengelola dan mengamankan akses jaringan dalam komputer server baik sistem jaringan skala kecil hingga menengah.

4. System analyst

Tugas dari system analyst adalah menganalisa, menyusun dan menerapkan sistem sesuai dengan permintaan developer. Tidak heran bila pemula yang bekerja sebagai system analyst akan mendapatkan gaji minimal 4 juta rupiah per bulan, bahkan profesional bisa mendapatkan gaji belasan juta rupiah.

5. Data entry

Tugas Kamu adalah membantu memproses data fisik menjadi data digital yang bisa diolah software di perusahaan ritel, keuangan, layanan kesehatan, dan lain-lain.

6. Pebisnis

Tidak hanya bisa bekerja pada orang lain, Kamu punya peluang menjadi pebisnis yang membuka jasa perakitan komputer, jasa instalasi jaringan komputer dan sebagainya. Peluang mendapatkan fee besar setiap proyek yang bisa Kamu tangani, kenapa tidak?

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Pekerjaan Lulusan SMK Multimedia Potensial

7. Guru TKJ

Tidak hanya paham teori saja, tetapi Kamu bisa mengajarkan praktik langsung di bidang TKJ. Namun, Kamu harus memenuhi persyaratan menjadi guru TKJ dengan melanjutkan pendidikan ke jurusan yang relevan.

8. Programmer

Lulusan TKJ yang belajar bahasa pemrograman bisa menjadi programmer baik freelance atau bergabung dengan perusahaan tertentu.

9. Web developer

Menjadi pengembang aplikasi atau website bisa menjadi salah satu peluang pekerjaan lulusan TKJ dengan bayaran mulai 4-5 juta rupiah per bulannya.

10. Game developer

Kamu yang menguasai pengembangan software yang bermanfaat dalam pembuatan game online terbaru, maka bisa bekerja menjadi game developer yang menawarkan gaji mulia 4,5-5 juta untuk kelas junior.

Baca Juga:  Berikut Ini Ada 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK

Beberapa rekomendasi pekerjaan lulusan SMK TKJ di atas bisa menjadi pilihan karir Kamu dengan bayaran yang cukup layak. Kamu bisa menjadi pengembang dan pengelolaan sistem jaringan di semua perusahaan yang sudah go digital dewasa ini. Tidak heran bila prospek pekerjaan untuk lulusan TKJ lebih besar alih-alih menganggur. Yuk, segera ambil peluang dengan memilih sekolah di SMK TKJ, ya!