Pekerjaan Lulusan SMK Multimedia

Image: canva.com

Rekomendasi 10 Pekerjaan Lulusan SMK Multimedia Potensial

Multimedia merupakan salah satu jurusan yang paling diminati seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih. Alasan memilih jurusan Multimedia sebab menawarkan prospek kerja yang menarik dimasa depan. Ada banyak pekerjaan lulusan SMK Multimedia yang bisa Kamu dapatkan bila memilih jurusan potensial ini.

Kamu bisa mengambil peluang pekerjaan lulusan SMK Multimedia sebagai pekerjaan paruh waktu atau sepenuhnya. Dengan bekal keterampilan yang ada, berikut referensi pekerjaan yang bisa Kamu coba setelah lulus SMK Multimedia yaitu :

1. Interactive media designer

Bagaimana membuat sebuah iklan, video, materi pembelajaran, games, dan lain-lain yang menarik? Kamu bisa bekerja sebagai interactive media designer yang bertugas membuat desain interaktif melibatkan teks, data, grafis, animasi, dan lain-lain yang menarik.

2. Game developer

Menjadi seorang game developer yang menciptakan aplikasi, mendesain karakter, membantu penentuan alur permainan, dan sebagainya, kenapa tidak? Peningkatan persaingan game online yang menarik menjadi tren belakangan ini sehingga lulusan Multimedia punya peluang yang bagus.

3. Web designer

Bagaimana tampilan sebuah website atau blog bisa menarik para pengunjung menjadi tugas utama web designer. Kamu wajib membuat konten atau tampilan visual menarik di laman website baik website bisnis, perseorangan, organisasi, atau komunitas tertentu.

4. Illustrator

Kamu bisa bekerja sebagai illustrator buku, cerita anak, gambar visual untuk iklan produk atau jasa, dan peluang menarik lainnya.

5. Animator

Baca Juga:  10 Pilihan Pekerjaan Untuk Lulusan SMK Akuntansi Setelah Lulus

Lulusan Multimedia yang ahli membuat animasi baik 2D dan 3D sangat potensial bekerja di berbagai industri dalam membuat konten, iklan, film, website, dan sebagainya.

6. Graphic designer

Menjadi seorang desainer grafis bisa menjadi pilihan karir Kamu baik di industri percetakan, penerbitan, pertelevisian, dan media lainnya.

7. Social media specialist

Kamu juga berpotensi bekerja sebagai social media specialist yang bertugas menciptakan konten di media sosial. Konten harus bisa meningkatkan brand awareness dan engagement dengan para pelanggan setia di media digital.

8. Videographer

Bagaimana cara membuat desain video yang bagus sesuai dengan konten atau tema menjadi tugas utama videographer.

9. Video editor

Menjadi video editor di perusahaan digital, pertelevisian atau konten kreator di platform digital, kenapa tidak?

Baca Juga:  Berikut Ini Ada 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK

10. Media planner

Kamu bisa bekerja sebagai media planner yang merencanakan, negosiasi dan memastikan campaign perusahaan di media digital sudah sesuai atau bisa memberikan dampak positif pada konsumen.

Dari sekian pekerjaan lulusan SMK Multimedia, Kamu akan mendapatkan bayaran yang cukup layak sesuai dengan kinerja dan kemampuan. Rata-rata pemula yang bekerja di dunia desain ini akan mendapatkan gaji paling minim 4-5 juta rupiah per bulan. Tidak heran bila profesional di bidang desain grafis ini akan mendapatkan bayaran hingga belasan juta rupiah, lho! Yakin tidak tertarik mengambil peluang dengan belajar Multimedia di SMK yang berbasis praktik langsung?