Pekerjaan Yang Cocok Sambil Kuliah

Image: canva.com

10 Pekerjaan Yang Cocok Sambil Kuliah Untuk Kamu Coba

Kerja sambil kuliah bukan hal yang mustahil, asal Kamu mau bersungguh-sungguh dan kerja keras. Komitmen dan konsistensi menjadi tombak penting dalam melakukan pekerjaan sekaligus mengerjakan tugas kuliah. Agar manajemen waktu Kamu berjalan dengan baik, maka bisa memilih jenis pekerjaan yang cocok sambil kuliah, ya!

Mau menambah uang saku atau mencoba hal baru untuk meningkatkan pengalaman dan memperluas jaringan, kenapa tidak? Pekerjaan yang cocok sambil kuliah bisa menjadi jalan Kamu memiliki penghasilan sampingan. Apa saja, ya? Yuk, simak rekomendasi pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan tanpa mengganggu jadwal kuliah ini!

1. Penulis

Bila Kamu punya keahlian menulis yang baik, tidak ada salahnya bergabung dengan jasa copywriting, menulis di platform digital atau bergabung dengan penerbit. Kamu bisa menikmati pekerjaan menulis sekaligus tetap aktif menjadi mahasiswa di kampus

2. Penerjemah

Kamu bisa memilih karir sebagai penerjemah bila memiliki kualifikasi akademik di bidang bahasa asing. Bila Kamu berstatus mahasiswa sasing, maka prospek pekerjaan ini bisa mendukung kemampuan Kamu di bidang tersebut.

3. Desain grafis

Meskipun Kamu tengah sibuk mengerjakan tugas kuliah, menjadi tim desain grafis yang mengerjakan proyek bisa menambah uang saku sekaligus meningkatkan keahlianmu.

4. Fotografer

Kamu hobi fotografi, maka gunakan keahlian dan passion fotografi untuk menjual hasil foto di situs online, menjadi fotografer kuliner, menerima jasa pemotretan prewedding, resepsi, dan lain-lain, kenapa tidak?

5. Konten kreator

Kamu bisa memilih karir sebagai konten kreator yang digandrungi dewasa ini, asal punya strategi dan konten yang berkualitas serta punya peluang diminati sasaran pasar.

Baca Juga:  Kamu Ekstrovert? Ini 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Ekstrovert

6. Online shop

Kamu bisa membuka online shop mandiri tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropship di era digital. Manfaatkan teknologi dan kecepatan informasi untuk menjadi pengusaha millenial yang produktif.

7. Sales person

Kamu bisa bekerja sebagai sales person yang menjual produk atau jasa dari supplier langsung disela waktu setelah kuliah usai. Bisa pula menjadi affiliate marketing yang punya potensi seiring tren yang semakin booming.

8. Guru les

Menjadi guru les secara privat, guru les di bimbingan belajar atau tentor online, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kualitas akademik Kamu.

9. Pramusaji

Ada banyak lowongan pekerjaan sebagai pramusaji dengan sistem kerja part time yang bisa Kamu lakukan setelah masa kuliah.

Baca Juga:  Beberapa Bidang Pekerjaan Yang Diminati Dengan Teknologi

10. Pramuniaga

Lulusan SMA/SMK bisa menjadi pramuniaga di toko atau swalayan dengan sistem kerja paruh waktu. Kamu bisa melakukan negosiasi dengan atasan bila ingin bekerja sambil kuliah agar manajemen waktu dan prioritas bisa berjalan lancar.

Kini Kamu bisa mencoba peluang pekerjaan yang cocok sambil kuliah untuk menambah pendapatan atau meningkatkan kemampuan Kamu diluar kampus. Kamu harus siap bekerja lebih keras, rela memiliki waktu yang lebih sedikit untuk bersantai dan siap mengerjakan tugas kuliah lebih awal agar tidak keteteran kuliah sambil kerja. Masa muda yang dihabiskan untuk hal produktif akan mendukung masa depanmu lebih cerah, bukan?