Pekerjaan Lulusan Ilmu Komunikasi

Image: canva.com

Baru Lulus Kuliah? Ini Dia 10 Pekerjaan Lulusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang diminati sebab menjanjikan prospek pekerjaan yang luas. Tidak hanya menjadi seksi humas di media atau periklanan, tapi Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang memiliki penghasilan tinggi lain. Bila Kamu berencana masuk jurusan Ilmu Komunikasi di jenjang kuliah nanti, maka simak beberapa rekomendasi pekerjaan lulusan Ilmu Komunikasi dengan bayaran mahal ini.

Salah satu alasan memilih sebuah pekerjaan karena menawarkan gaji dan bonus yang menjanjikan. Tentu Kamu harus bersaing dengan banyak pelamar lain yang memiliki kualifikasi setara. Bila mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, maka simak beberapa rekomendasi pekerjaan lulusan Ilmu Komunikasi yang memiliki potensi gaji besar yaitu :

1. Content writer

Di era digital seperti sekarang, kebutuhan content writer untuk mengisi ragam tulisan di platform digital semakin meningkat pesat. Lulusan Ilmu Komunikasi yang tahu teknik persuasif, menulis informasi dengan baik serta mampu memberikan tampilan visual sesuai konten tulisan sangat berpeluang menjadi content writer independen atau terikat perusahaan tertentu.

2. Jurnalis

Menjadi jurnalis atau reporter pemula memang membutuhkan perjuangan, jiwa yang suka tantangan dan bekerja keras. Gaji jurnalis pemula memang berkisar 4-5 juta rupiah di televisi ternama, tapi Kamu punya peluang menjadi jurnalis senior yang profesional kemudian hari.

3. EO

Seorang lulusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi EO atau Event Organizer yang bekerja dengan mengandalkan kemampuan komunikasi, negosiasi dan manajemen yang baik. Keahlian Kamu dalam bersosialisasi dan merancang sebuah acara lebih menarik menjadi keunggulan utama. Bila Kamu menjadi EO mandiri, maka potensi bisnis berkembang semakin pesat sangat besar.

4. Manajer penjualan

Kamu bisa bekerja sebagai manajer penjualan untuk mengatur dan mengelola tim penjualan di perusahaan. Apalagi Kamu punya jiwa sosial, suka tantangan, punya target, dan siap bekerja dibawah tekanan, maka posisi manajer penjualan yang bergaji 5-10 juta per bulan sangat relevan.

Baca Juga:  Gak Ada Ijazah? Berikut Pilihan 10 Contoh Pekerjaan Tanpa Ijazah

5. Analis bisnis

Menjadi seorang analis bisnis yang bertugas melakukan riset dan analisa pada potensi pasar bisa menjadi pilihan lulusan Ilmu Komunikasi.

6. Penyiar atau presenter

Lulusan Ilmu Komunikasi yang punya keterampilan komunikasi dan sosialisasi yang bagus cocok menjadi penyiar radio atau presenter di televisi. Semakin bagus nama Kamu, maka fee akan mengikuti profesionalitas tersebut.

7. Produser

Kamu juga bisa menjadi produser sebuah acara di televisi atau radio dengan bekal keterampilan dalam pembiayaan proyek dan mengawasi semua elemen pra sampai pasca produksi.

8. Public relations

Kamu bisa memilih karir sebagai public relations atau divisi humas di instansi pemerintah, lembaga atau perusahaan dengan bayaran yang memuaskan, kok.

Baca Juga:  Suka Tentang Ekonomi? Berikut 10 Pilihan Pekerjaan Di Bidang Ekonomi

9. Staf HRD

Menjadi staf HRD bisa menjadi pilihan karir lulusan Ilmu Komunikasi yang punya jiwa sosial tinggi.

10. Dosen

Menjadi dosen yang mengampu mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi cocok untuk Kamu yang ingin berkarir di bidang akademik.

Beberapa rekomendasi pekerjaan lulusan Ilmu Komunikasi di atas bisa menjadi pilihan karir Kamu setelah lulus S1 nanti.