Cara Melamar Pekerjaan

Image: canva.com

Kamu Lagi Cari Pekerjaan? Ini Dia 10 Cara Melamar Pekerjaan

Di era digital ini, mengirim surat lamaran kerja tidak lagi memakai cara konvensional. Biasanya lamaran pekerjaan bisa langsung dikirim lewat surel yang lebih mudah dan praktis. Pastikan Kamu tahu cara melamar pekerjaan lewat surel atau email agar CV Kamu langsung menarik minat tim HRD. Penasaran mengenai cara melamar kerja yang lebih hemat biaya ini? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini!

Supaya Kamu punya kesempatan diterima kerja lebih tinggi dibanding pesaing lain, berikut tata cara melamar pekerjaan lewat email yang perlu diperhatikan yaitu :

1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan lebih dulu

Siapkan semua dokumen lebih dulu sebelum di-scan agar terlampir dengan jelas di email, misalnya ijazah terakhir, KTP, sertifikat pendukung, dan lain-lain.

2. Memastikan email sudah benar

Pakai nama email yang profesional, tidak alay dan bukan kombinasi huruf dan angka tidak beraturan untuk menghindari kesan pertama yang buruk.

3. Tulis subjek

Jangan lupa untuk menuliskan subjek sesuai arahan dari perekrut, misalnya lamaran kerja posisi keuangan atau posisi lain.

4. Tulis lamaran di body email dengan baik

Kamu bisa menulis surat lamaran di body email dengan menerangkan tujuan Kamu melamar pekerjaan dan sampaikan informasi singkat saja. Pasalnya, informasi diri Kamu yang lebih lengkap sudah ada pada CV yang terlampir.

5. Gunakan bahasa yang formal dan sopan

Selalu pakai bahasa yang formal untuk menulis lamaran dengan isi yang padat dan informatif, misalnya pembukaan, isi dan penutup.

Baca Juga:  10 Persyaratan Lamaran Kerja Yang Paling Umum Diperlukan

6. Lampirkan dokumen yang sudah disiapkan

Pastikan Kamu menuliskan nama pada file yang rapi, kemudian periksa semua lampiran sekali lagi untuk memastikan tidak ada yang terlewat.

7. Lampirkan foto pribadi yang formal dan rapi

Foto pribadi harus memakai busana rapi seperti kemeja putih dan blazer hitam untuk kesan lebih profesional.

8. Pastikan dokumen memakai file yang benar dan bukan jenis rar

Kirim dokumen dalam bentuk PDF atau docx agar lebih mudah dibaca bukan jenis rar yang menyulitkan tim HRD.

9. Perhatikan waktu pengiriman lamaran kerja

Kirim email pada jam kerja 08.00-17.00 atau waktu terbaik 08.00-14.00 pada hari Senin-Jumat agar email Kamu langsung terbaca mengingat ada banyak email dari pelamar lain.

Baca Juga:  Biar Gak Salah, Berikut Ini Cara Mengirim Lamaran Lewat WA

10. Berdoa dan menunggu balasan email

Tinggal menunggu balasan email dari HRD apakah Kamu diterima atau tidak, ya! Bila diterima lolos seleksi awal, maka persiapkan diri mengikuti tes dan wawancara.

Kamu sudah tahu cara melamar pekerjaan melalui email dengan benar, maka tinggal menunggu hasilnya. Bila email tidak kunjung dibalas dalam jangka waktu tertentu, maka Kamu bisa melamar pekerjaan di tempat lain. Biasanya jangka waktu yang diberikan pihak HRD untuk lamaran kerja lewat email berkisar dua minggu. Tidak semua perusahaan membalas email pelamar yang tidak diterima sehingga Kamu bisa mencari solusi alternatif, ya!