Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

Image: canva.com

Masih Kuliah? 10 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

Tentu mahasiswa berharap bisa fokus kuliah agar mendapatkan nilai yang memuaskan sekaligus bisa lulus tepat waktu. Namun, tidak semua mahasiswa berasal dari keluarga mampu sehingga memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Selain alasan finansial, sebagian mahasiswa yang memilih kerja sambil kuliah ingin mendapatkan lebih banyak pengalaman langsung di lapangan. Bila Kamu ingin mencoba hal baru atau menambah relasi, maka cobalah pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah ini.

Bekerja sambil kuliah membuat mahasiswa lebih pintar dalam manajemen waktu, disiplin dan bertanggungjawab terhadap prioritas mulai sekarang. Kamu akan membagi waktu dengan baik, tidak menunda pekerjaan dan tidak menghabiskan waktu luang untuk hal negatif. Melihat manfaat bekerja sambil kuliah, tidak ada salahnya mencoba jenis pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah antara lain :

Baca Juga:  Buat Yang Cari Kerja, Ini 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Koleris

1. Pramuniaga atau pramusaji paruh waktu

Biasanya jam kerja 7-8 jam untuk jenis pekerjaan shift sehingga Kamu bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah.

2. Tentor atau guru les

Menjadi tentor atau guru les dengan durasi waktu yang lebih fleksibel menjadi jenis pekerjaan favorit para mahasiswa, apalagi Kamu yang berada di jurusan pendidikan, ya!

3. Admin online

Menjadi admin online yang bekerja memasarkan produk, membalas chat pelanggan, membuat konten, atau mengelola media sosial penyewa jasa, kenapa tidak?

4. Fotografer

Bila Kamu punya keterampilan memotret dan mengedit hasil foto atau video, maka ambil kesempatan bekerja sebagai fotografer di acara pernikahan, syukuran, fotografer khusus kuliner, pre wedding, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa Dengan Bayaran Mahal

5. Penulis

Kamu suka menulis atau mengambil jurusan Sastra Bahasa Indonesia atau Sastra Asing lain, profesi penulis yang fleksibel bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan tambahan uang saku.

6. Penerjemah

Mahasiswa yang mengambil jurusan Bahasa Asing, maka pertimbangkan bekerja sebagai jasa penerjemah independen atau bergabung dengan perusahaan yang merekrut jasa penerjemah freelance.

7. Desain grafis

Ahli desain yang bisa menggunakan CorelDraw, Photoshop, Illustrator, dan aplikasi edit foto dan video lain, maka Kamu bisa bekerja sebagai desainer. Tawarkan jasa Kamu langsung pada klien atau Kamu bisa bekerja pada jasa penerbitan, percetakan atau media lain.

8. Online shop

Membuka bisnis online shop sendiri cocok dijalankan mahasiswa yang masih kuliah untuk menambah uang saku atau mencoba pengalaman berbisnis sendiri.

Baca Juga:  Pilihan Buat Kamu, 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Orang Kaku

9. Sopir taksi online atau tukang ojek online

Kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan menjadi sopir taksi online atau tukang ojek online yang sangat potensial di era modern ini. Dengan modal kendaraan pribadi, punya SIM, ponsel, dan kuota internet, Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Jasa freelance lain

Ada banyak jasa freelance yang bisa ditawarkan oleh mahasiswa pada klien di era digital, misalnya jasa editor, jasa tour guide, konsultasi keuangan, MUA, dan lain-lain. Pastikan saja Kamu memang terampil atau mengambil jurusan kuliah yang relevan dengan jasa yang ditawarkan.

Yuk, coba pengalaman baru dengan mengambil pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah sekarang juga!