Pakaian Bebas Rapi Untuk Interview

Image: canva.com

10 Tips Yang Syaratkan Pakaian Bebas Rapi Untuk Interview

Interview merupakan bagian penting dari proses seleksi karyawan baru agar Kamu bisa mendapatkan posisi tersebut. Pasalnya, tidak hanya dirimu yang mendapatkan undangan mengikuti wawancara. Kamu harus tetap bersaing dengan calon karyawan yang mendapatkan undangan setelah lolos kualifikasi administrasi. Bila ada isyarat memakai pakaian bebas rapi untuk interview, maka pastikan Kamu memakai pakaian yang relevan, ya!

Tips Memilih Pakaian Bebas Rapi untuk Interview

Agar proses interview yang dilangsungkan berjalan lancar, maka berikut beberapa tips memilih pakaian bebas rapi untuk interview yaitu :

1. Pilih celana bahan kain

Celana dengan bahan kain menunjukkan Kamu ingin tampil profesional dan formal di depan perekrut. Bila wanita harus memakai rok, maka pilih rok dengan panjang selutut atau mata kaki sesuai gaya busana pilihan Kamu. Hindari bahan celana atau rok dari jeans dan denim, ya!

Baca Juga:  Bingung Jawab? Ini 10 Alasan Keluar Dari Pekerjaan Sebelumnya

2. Memakai kemeja

Kemeja putih biasanya menjadi isyarat pakaian bebas rapi, tapi Kamu bisa memakai pakaian kemeja warna lain bila tidak ada ketentuan. Misalnya kemeja hitam yang memberi kesan elegan, warna biru untuk menunjukkan Kamu bisa bekerja sama dengan tim atau abu-abu yang menjadi indikasi Kamu bisa berpikir logis dan analitis.

3. Perhatikan model dan motif pakaian

Model pakaian bagian atas sangat penting sebab bisa mengalihkan perhatian perekrut pertama kali. Kamu bisa memilih aksen pita pada kemeja, adanya kerah pada kemeja, atau menambahkan aksesoris tertentu asal tidak berlebihan.

4. Menambahkan cardigan atau jas

Hal ini bisa menambahkan kesan profesional di mata perekrut, apalagi Anda melamar jenis pekerjaan yang membutuhkan skill dan portofolio yang bagus.

Baca Juga:  Sudah Dapat Kerja, Ini Cara Menolak Interview Kerja Lewat WA

5. Perhatikan sepatu yang dipakai

Jenis sepatu yang tertutup di bagian jari-jari sangat direkomendasikan, apalagi wanita memiliki koleksi sepatu yang banyak. Kamu bisa menghindari jenis sepatu yang terbuka di bagian depan baik sepatu flat atau hak tinggi.

6. Memastikan tatanan rambut rapi

Bila Kamu berhijab, maka bisa memakai gaya hijab yang formal atau tidak terlalu menambahkan aksesoris hijab berlebihan. Untuk wanita yang tidak berhijab, sebaiknya tata rambut dengan baik, rapi dan tidak kusam. Sedangkan kaum pria yang ingin tampil lebih rapi untuk wawancara pertama, pastikan memakai pomade rambut terbaik, ya!

7. Memakai parfum yang enak

Jangan pakai parfum dengan aroma yang terlalu berat dan menyengat sehingga mengganggu penciuman perekrut saat melakukan wawancara denganmu nanti.

Baca Juga:  10 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Agar Kamu Tidak Salah

8. Pastikan pakaian tidak kotor atau kusut

Kamu wajib memastikan kemeja dan celana sudah disetrika dan wangi sehingga kesan pertama benar-benar menarik.

9. Memakai aksesoris tambahan

Aksesoris jam tangan atau gelang boleh-boleh saja, asal tidak terlalu heboh sehingga membuat perekrut memberi nilai negatif pada penampilan pertamamu.

10. Pastikan Kamu nyaman berbusana tersebut

Semua tips berpakaian rapi di atas bisa disesuaikan dengan gaya busana Kamu sendiri. Pastikan Kamu memang nyaman memakai busana tersebut alias tidak terlalu ketat, tidak terlalu pendek atau mengekspos bagian tubuh yang mungkin bisa memberi pandangan negatif.

Sudah siap menghadap calon atasan dengan pakaian bebas rapi untuk interview beberapa hari kedepan?