Tips Interview Bahasa Inggris

Image: canva.com

Sebelum Tes, Ini Tips Interview Bahasa Inggris Yang Bisa Di Coba

Sebagai bahasa internasional, Bahasa Inggris merupakan bahasa asing pertama yang wajib Kamu kuasai. Apalagi Kamu berencana ingin mengembangkan karir di perusahaan bonafit, maka pastikan Kamu lancar komunikasi Bahasa Inggris baik lisan atau tulisan. Hal ini dikarenakan perusahaan bonafit akan melakukan interview memakai bahasa asing, khususnya divisi yang perlu kelancaran komunikasi Bahasa Inggris. Bila Kamu mendapat panggilan wawancara, coba terapkan tips interview Bahasa Inggris ini.

Tips Interview Bahasa Inggris yang Baik

Agar tes wawancara Kamu berjalan lancar, coba simak beberapa tips interview Bahasa Inggris berikut :

1. Melakukan riset yang baik

Pastikan Kamu sudah melakukan riset tentang perusahaan dengan baik untuk mengantisipasi pertanyaan seputar perusahaan. Biasanya perekrut akan menanyakan mengenai apa yang Kamu ketahui tentang sejarah atau visi misi perusahaan.

Baca Juga:  10 Pilihan Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Ditanya Interview

2. Bisa menjelaskan deskripsi pekerjaan dengan baik

Pahami mengenai desk job posisi yang Kamu incar dengan baik sehingga Kamu menguasai jawaban yang akan diberikan sesuai pertanyaan perekrut. Memahami desk job bisa membuat Kamu memiliki jawaban yang disesuaikan dengan tata atau kaidah Bahasa Inggris yang benar, lho!

3. Mencari informasi pertanyaan yang acap diberikan

Apa saja pertanyaan umum yang acap diberikan perekrut dalam sesi wawancara? Lakukan penelitian untuk tahu pertanyaan umum tersebut sehingga Kamu bisa menyiapkan jawaban memakai Bahasa Inggris yang baik.

4. Melakukan latihan komunikasi secara rutin

Latihan komunikasi di rumah dengan bantuan cermin, bantuan anggota keluarga atau teman menjadi kunci untuk menghilangkan grogi. Kamu pasti ingin menjawab pertanyaan memakai Bahasa Inggris dengan lancar tanpa lupa kata-kata yang sudah disiapkan jauh hari.

Baca Juga:  10 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Agar Kamu Tidak Salah

5. Bisa mengikuti kursus singkat Bahasa Inggris

Bila ada waktu untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris yang pas-pasan, Kamu bisa ikut kursus singkat Bahasa Inggris. Setidaknya Kamu punya dasar atau kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dibanding pesaing lain.

6. Memakai kalimat efektif

Hindari memakai kalimat panjang yang kurang efektif sehingga perekrut menganggap Kamu tipe orang yang bertele-tele. Kalimat singkat, padat dan informatif memakai bahasa asing lebih aman untukmu.

7. Coba bertanya ulang

Jika Kamu memang kurang mahir bahasa asing, tidak ada salahnya bertanya ulang pada perekrut. Perekrut akan memberikan pertanyaan yang lebih lambat agar Kamu bisa menemukan jawaban yang tepat. Jawaban yang tidak tepat dengan pertanyaan yang diajukan bisa memberikan penilaian yang kurang baik.

8. Memakai bahasa tubuh yang baik

Baca Juga:  Jawaban Jika Ditanya Kelebihan Dan Kekurangan Saat Interview

Meskipun Kamu kurang lancar bahasa asing, tapi berikan bahasa tubuh yang bagus demi memberi kesan lebih positif. Bahasa tubuh yang bagus akan menyampaikan pesan yang lebih maksimal dibandingkan kata-kata saja.

9. Melatih tempo bicara

Latih tempo bicara Kamu agar tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat, ya! Tempo yang ideal menjadi kesan positif mengingat Bahasa Inggris bukan bahasa ibu Kamu.

10. Menunjukkan rasa percaya diri

Tunjukkan rasa percaya diri pada perekrut meskipun Bahasa Inggris Kamu masih kurang fasih. Menunjukkan dedikasi tinggi bisa menjadi awal yang positif agar Kamu bisa diterima bekerja di perusahaan terkait.

Tips interview Bahasa Inggris di atas bisa menjadi referensi Kamu yang hendak melamar pekerjaan di bidang yang membutuhkan kemahiran komunikasi bahasa asing tersebut.