Contoh Jawaban Motivasi Kerja

Image: canva.com

10 Contoh Jawaban Motivasi Kerja Jika Ditanya Saat Interview

Dunia kerja yang penuh persaingan membuat banyak orang harus bisa mempersiapkan diri dengan baik. Pastikan Kamu memenuhi kualifikasi yang diinginkan pihak perekrut agar CV yang Kamu ajukan mendapat perhatian. Bila CV Kamu menarik, maka tinggal persiapkan diri menghadapi sesi wawancara nanti. Kamu harus tahu contoh jawaban motivasi kerja di perusahaan terkait yang pasti ditanyakan oleh perekrut, ya!

Contoh Jawaban Motivasi Kerja yang Menarik

Jawaban Kamu menjadi penentu perekrut untuk mempertimbangkanmu sebagai kandidat terbaik yang bisa mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Bila Kamu mendapat pertanyaan tentang motivasi kerja di tempat itu, maka bisa memberikan contoh jawaban motivasi kerja yang menarik perhatian tim HRD sebagai berikut :

1. Jawaban nyata untuk mengembangkan karir

“Saya berminat bekerja di perusahaan ini karena ingin mengembangkan kemampuan dan karir lebih baik lagi.”

2. Jawaban yang lebih optimis

“Sebagai fresh graduated, saya sangat tertantang mencoba terjun langsung untuk mengembangkan keahlian di bidang keuangan. Tentu saya berharap kemampuan ini bisa membantu perusahaan dalam mengelola dan mengembangkan perusahaan kelak.”

3. Jawaban yang menunjukkan peran

“Motivasi terbesar saya ingin bekerja sebagai staf pemasaran karena saya memiliki pengalaman di bidang yang sama selama sekian tahun. Saya berharap wawasan dan pengalaman pemasaran saya bisa lebih berkembang setelah bergabung dengan perusahaan ini.”

4. Jawaban yang memuaskan

“Saya ingin memiliki tantangan baru dalam karir sehingga posisi staf divisi promosi dan pemasaran sangat relevan dengan keahlian saya. Saya sangat menyukai tantangan, siap meninggalkan zona nyaman dan bekerja memenuhi target perusahaan.”

Baca Juga:  10 Pilihan Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Ditanya Interview

5. Jawaban yang relevan dengan posisi yang dilamar

“Motivasi terbesar saya melamar sebagai bagian divisi promosi dan iklan sebab saya memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang desain grafis yang relevan dengan pekerjaan.”

6. Jawaban yang menunjukkan tekad yang kuat

“Saya ingin menjadi salah satu staf R&D sebab ingin mengembangkan produk perusahaan ini lebih inovatif dan bisa mencapai target penjualan yang maksimal.”

7. Jawaban yang menyesuaikan visi misi perusahaan

“Alasan terbesar saya ingin bergabung dengan perusahaan ini sebab visi dan misi perusahaan sesuai dengan prinsip kerja saya.”

8. Jawaban yang menunjukkan reputasi perusahaan memiliki peran penting

“Tentu motivasi terbesar saya melamar posisi ini karena saya yakin bisa berkembang lebih sukses bila bergabung dengan perusahaan yang memiliki reputasi bagus.”

Baca Juga:  10 Alasan Keluar Kerja Saat Interview Jika Ditanya Saat Interview

9. Jawaban yang menunjukkan keahlian Kamu

“Tentu motivasi kerja terbesar saya adalah bisa bekerja sesuai dengan keahlian dan passion. Lowongan perusahaan ini sesuai dengan latar belakang pendidikan dan minat saya di bidang marketing.”

10. Jawaban yang menunjukkan kesiapan bekerja sesuai konsekuensi

“Perusahaan ini mampu membantu saya untuk mengembangkan keahlian di bidang pengelolaan operasional perusahaan yang bisa berdampak pada perkembangan perusahaan kelak. Tentu saya siap bekerja dibawah tekanan bersama tim untuk membantu mewujudkan hal tersebut.”

Contoh jawaban motivasi kerja sangat bervariasi, tetapi ada baiknya Kamu menunjukkan sikap lebih terbuka, jujur dan realistis. Hindari menunjukkan keangkuhan yang bisa membuat perekrut kehilangan minat dan atensi pada dirimu, ya!