Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Image: canva.com

Agar Diterima, Ini Dia Rahasia Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Pembuatan surat lamaran kerja harus diperhatikan dengan baik karena ini berpengaruh pada peluang untuk diterima atau tidak. Jika surat lamaran kerja dipersiapkan dengan baik maka peluang lolos sesuai harapan tentu lebih besar. Berikut adalah 10 cara membuat surat lamaran kerja yang bisa dicontoh:

1. Buat sesuai Struktur Surat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami struktur surat lamaran kerja. Kamu harus membuat surat lamaran kerja sesuai struktur yang benar karena ini adalah jenis surat resmi. Jadi lihat dulu contoh surat lamaran kerja dan pelajari strukturnya.

2. Gunakan Bahasa Resmi

Tulislah surat lamaran kerjamu dengan bahasa yang resmi. Sesuai dengan jenis suratnya, lamaran kerja ini harus menggunakan tata bahasa formal. Tentu penggunaan bahasa yang tidak resmi akan menurunkan nilaimu di mata perusahaan.

Baca Juga:  Sudah Diterima Di Tempat Lain, Ini Cara Menolak Lamaran Kerja

3. Cantumkan Alamat Perusahaan dengan Benar

Pastikan untuk menulis tujuan penerima surat dengan lengkap. Alamat perusahaan juga sebaiknya ditulis dengan lengkap dan benar. Ini bisa menjadi nilai plus karena menunjukkan bahwa Kamu sebagai pelamar benar-benar memperhatikan perusahaan yang akan dituju.

4. Sebutkan Posisi yang Diinginkan dengan Jelas

Saat menulis surat lamaran kerja, Kamu juga harus menyebutkan posisi yang diinginkan dengan jelas. Utarakan maksud penulisan surat tersebut dan sebutkan posisi apa yang ingin dilamar.

5. Sertakan Identitas Diri

Meskipun sudah melampirkan CV, namun surat lamaran kerja juga harus memuat identitas pelamar. Sampaikan identitas diri dengan singkat, tidak perlu terlalu panjang. Cukup tuliskan informasi nama, tanggal lahir, dan alamat.

Baca Juga:  10 Persyaratan Lamaran Kerja Yang Paling Umum Diperlukan

6. Tunjukkan Kelebihan dan Keterampilan

Pastikan untuk menuliskan kelebihan dan keterampilan yang dimiliki. Ini juga penting karena akan jadi bahan pertimbangan khusus oleh perusahaan. Namun pastikan kelebihan dan keterampilan yang ditulis relevan dengan posisi yang dilamar.

7. Buat secara Ringkas

Salah satu cara membuat surat lamaran kerja yang efektif adalah dengan membuat tulisan yang padat. Jangan menulis surat terlalu panjang dan bertele-tele. Tuliskan dengan singkat sehingga mudah untuk dipahami.

8. Tunjukkan Antusias

Kamu juga harus menunjukkan antusias ketika menulis surat lamaran kerja. Tunjukkan semangatmu untuk bisa benar-benar diterima bekerja di perusahaan tersebut.

9. Sampaikan Terima Kasih

Di bagian penutup surat, Kamu harus menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan. Sampaikan juga harapan besarmu untuk diterima bergabung di perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Mau Jadi Dosen? Berikut 10 Cara Melamar Jadi Dosen Buat Kamu

10. Lakukan Proofreading

Jangan lupa lakukan proofreading sebelum mengirimkan surat. Kamu harus membaca ulang surat lamaran yang sudah dibuat. Lakukan evaluasi mana yang salah dan harus diperbaiki. Bila perlu minta bantuan orang lain untuk melakukan proofreading.

Seperti itulah cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Kamu bisa mempraktikkannya secara langsung saat akan melamar pekerjaan. Pastikan Kamu menggunakan kalimat formal dengan penulisan yang benar. Carilah referensi contoh surat lamaran kerja di internet sebagai acuan.